Sejarah Dan Popularitas dari Celana Jeans Levi's

7 Januari 2015

Sejarah Dan Popularitas dari Celana Jeans Levi's

Sejarah dan Popularitas dari Celana Jeans Levi’s


Sejarah dan Popularitas Levis
Sejarah Singkat Levi's

Siapa yang tidak tahu celana jeans Levi’s? Sampai sekarang, Levi’s masih menjadi salah satu merek pakaian paling terkenal di dunia. Apalagi merek celana jeans belum menunjukkan tanda-tanda akan memudar dalam waktu terdekat. Keberhasilan brand Levi’s tentunya tidak terlepas dari sang penemu, Levi Strauss. Tanpa campur tangan Strauss, mungkin sampai sekarang kita tidak akan memakai jeanssebagai bagian dari tren mode.

Lantas, bagaimana perjalanan Levi Strauss dalam mengembangkan celana jeans?
Levi Strauss, Tokoh di Balik Kesuksesan Brand Levi’s

Penemu Celana Jeans Levis
Levis Staurus Sebagai
Tokoh Di Balik Kebesaran Brand Levi's


Levi Strauss lahir pada tanggal 26 Februari 1829 di Buttenheim, Jerman, dari pasangan Hirsch Strauss dengan Rebecca Strauss. Dia juga mempunyai dua saudara kandung perempuan. Ketika menginjak usia 18 tahun, Rebecca dan ketiga anaknya berlayar ke Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam tersebut, mereka tinggal bersama Louis dan Jinas, saudara mereka, yang sudah mengawali bisnis berupa grosir. Di tempat sebelumnya, Levi sendiri pernah berjualan pakaian.

Fanny, salah satu adik Levi Strauss, memutuskan pindah ke St. Louis, Missouri, bersama suaminya, David Stern. Sementara Levi yang tinggal di new York akhirnya hijrah untuk kemudian menetap di Louisville. Di sana, dia menjalankan bisnis dari saudaranya yang tinggal di Kentucky. Kemudian pada Januari 1853, Levi Strauss diresmikan sebagai warga negara Amerika Serikat. Keluarga Strauss lantas membuka cabang bisnis mereka di bagian barat pantai San Fransisco, California. Di sanalah perjalanan Levi Strauss dengan celana  jeansdimulai.



Celana jeans sebenarnya sudah dikenal dan dipakai di Genoa, Italia. Pada saat itu, pakaian tadi hanya dikenakan oleh mereka yang bekerja di angkatan laut. Bahan celana tersebut dikenal kuat dan tahan akan hantaman panas maupun hujan. Kata jeans berasal dari orang-orang Prancis yang menyebut celana biru dari Genoa tersebut dengan bleu de Gnes. Meski sebenarnya, celana tersebut punya dua warna, yakni biru dan cokelat.

Levi Strauss yang sedang berada di San Fransisco memulai bisnisnya dengan menjual potongan tekstil dari usaha saudaranya. Semua potongan tekstil tadi terjual dan menyisakan segulung kanvas yang akan menjadi cikal bakal celana jeans Levi’s. Di saat itu, sebagian warga Amerika Serikat dilanda demam akan tambang emas. Levi membaca peluang tersebut dan membuat celana dari gulungan kanvas tadi untuk para pekerja tambang. Pekerja tambang lantas menyambut celana Levi tadi dengan suka cita.

Selain tahan lama, bahannya sukar rusak, sehingga cocok dengan lingkungan pertambangan. Namun, beberapa di antara mereka masih ada yang kurang puas dengan celana berbahan kanvas tersebut. Kemudian, Levi melakukan improvisasi dengan memesan bahan celana dari Genoa, Italia. Dia juga menyebutnya dengan nama jeans dari kata gnes serta menyertakan merek Levi’s untuk celana tersebut. Desain produk pertamanya, Levi’s 501, hanya dipakai untuk para pekerja tambang.

Menjadi Populer dan Inspirasi Merek Jeans Lain

Di tahun 1873, Levi Strauss mendapatkan hak paten dari celananya berkat bantuan seorang pengusaha sukses, Jacob Davis. Perlahan tapi pasti, celana jeans menjadi salah satu pakaian yang digemari pada kalangan pekerja di Amerika Serikat. Kemudian di tahun 1930-an, Levi’s merambah ke dunia lain, yakni layar lebar. Celana jeans tersebut sering dipakai dalam film-film koboi.
Film Koboy

Bahkan sekitar tahun 1960-70-an, celana jeans mengalami beberapa kali modifikasi. Popularitas Levi’s kian meningkat setelah dikenakan oleh salah satu aktor kawakan, James Dean. Ketika itulah celana jeans merambah dunia fesyen. Brand fesyen lain seperti Amani, Calvin Klein, serta Versace lantas mengubah tampilan jeans menjadi jauh lebih berkelas dan anggun.

Meski Levi Strauss telah meninggal di tahun 1902, karyanya masih terus dipakai hingga sekarang. Bukan hanya di Amerika Serikat, tetapi di seluruh dunia. Di Indonesia, Levi’s menjadi salah satu brand jeans yang dipakai berbagai kalangan. Celana jeans pun kini bisa dikenakan dalam banyak kesempatan, mulai dari hang out hingga acara penting seperti pesta. Celana jeans Levi’s sendiri kini bisa dengan mudah kita dapatkan dengan harga terjangkau.





Untuk Pemesanan  
*Klik Kanan pada gambar, Save As Kirim Melalui :
SMS/WA/LINE : 0896-4292-4626

BBM Ke : 
Admin CJMB 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar